Penyebab Anak Susah Makan dan Solusinya

Penyebab anak susah makan dan solusinya yang Pertama

Makanan di emut:

Si anak berlum berhasil melewati masa transisi atau masa peralihan dari bubur ke nasi, karena anak usia 1 tahun seharusnya sudah makan nasi atau makan makanan orang dewasa. Karena tidak berhasil melewati masa transisi tadi akhirnya si anak makannya jadi diemut dan akibatnya kondisi gizi anak akan menurun karena kurangnya gizi yang masuk kedalam tubuhnya, dan giginya mengalami kerusakan. jadi gigi anak rusak bukan hanya karena makan permen, coklat atau yang manis-manis saja tetapi jika si anak suka mengemut makanan dalam mulutnya bisa memicu kerusakan pada giginya.

Penyebab Anak Susah Makan dan Solusinya

Hal seperti ini tidak boleh dibiarkan, dia harus belajar mengunyah karena ini juga proses perkembangan pertambahan usia anak.

Solusinya:

Tips supaya anak mau mengunyah makanan adalah dengan memberinya kerupuk yang kita goreng sendiri supaya terjamin kebersihannya, jangan berikan kerupuk yang dijual dipasar karena kita tidak tau minyak yang di pake untuk menggorang itu pake minyak curah atau minyak bekas. jadi sebaiknya ibu mengolah sendiri untuk anak terutama masih usia 1 tahun.

Penyebab Anak Susah Makan dan Solusinya Kedua

Tutup Mulut:

Kemungkinan anak tutup mulut saat jam makan tiba bisa disebabkan karena sedang sakit gigi atau sariawan, kemudian bisa juga karena masih karena banyak jajan jadi dia tutup mulut, atau suasana yang tidak santai mungkin karena buru-buru mau pergi jadi si ibu cepat-cepat ngasih makannya, atau kemungkinan lain si anak tidak menyukai makanan yang dikasih sehingga dia malas-malasan untuk buka mulut walaupun makanan yang dikasih itu makanan yang bergizi tinggi.

Akibatnya asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh anak tidak cukup dan bisa mengakibatkan anak kurang gizi, sehingga daya tahan tubuh lemah dan akhirnya mudah sakit.

Solusinya:

Tips untuk mengatasinya apabila dia tutup mulut karena sakit gigi, coba periksakan dlu ke dokter untuk memastikan apa akan gigi geliginya yang mengalami masalah, sebaiknya periksakan gigi anak minimal 3bulan sekali. Variasikan makanan anak supaya dia tidak cepat bosan. selain variasi juga diperlukan cara pengolahan dan penyajiannya supaya anak senang dan bersemangat saat waktunya makan.

Ciptakan suasana santai yang menyenangkan dan tidak diburu-buru supaya dia bisa menikmati makanan yang kita berikan.

Penyebab Anak Susah Makan dan Solusinya Ketiga

Suka Menyembur makanan:

Anak suka menyembur makanan bisa jadi karena makanan yang rasanya terlalu manis/asin atau  makanan yang asing baru pertama kali dia rasa. Kemungkinan juga karena bosan dengan makanan yang itu-itu aja, mungkin waktu pertama kali kita kasih makanan ini dia suka sehingga kita masak menu yang sama terus, walau seenak apapun kalau itu terus tang dikasih pasti dia akan bosan, jadi sebaiknya ganti menu tiap hari.

Akibatnya anak jadi tidak menghargai makanan, kita harus mengajarinya bahwa makanan bukanlah mainan yang bisa disembur-sembur seperti itu. selain itu pertumbuhan anak juga jadi tidak optimal karena makanan lebih banyak terbuang daripada masuk ke tubuhnya dan yang lebih penting lagi adalah jika anak selalu menyembur-nyemburkan makanan dari dalam mulutnya maka ada kemungkinan dia berkembang menjadi anak yang suka cari perhatian dengan cara-cara yang tidak sehat.

Solusinya:

Tips mengatasi bila anak Suka Menyembur makanan adalah tanyakan baik-baik mengapa dia melakukan hal itu, tidak perlu kita marah atau malah menertawakannya. Tanya apa karena makananya tidak enak? Kalau memang karena tidak enak segera kita ganti dengan menu yang lain, misal bikin telor dadar atau nasi goreng mentega biasanya anak-anak suka.

Demikianlah pembahasan tentang Penyebab Anak Susah Makan dan Solusinya

Tetapi jika anak benar-benar sudah tidak mau makan sama sekali ada baiknya berikan Deep Sea Minyak Ikan Salmon Alaska. suplemen untuk anak yang susah makan, suplemen ini sangat baik untuk perkembangan otak anak jadi bukan hanya untuk menambah nafsu makan tetapi juga vitamin untuk kecerdasan otak anak karena Deep Sea  ini mengandung omega 3 EPA dan DHA yang sangat baik untuk perkembangan otak anak

Penyebab bayi Susah Makan dan Solusinya

Selengkapnya mengenai Deep Sea Klik Disini

Semoga bermanfaat 🙂