Cara Mengatasi Balita Susah Makan

Ketika si kecil sedang susah makan tentu fikiran bunda menjadi khawatir dan tidaklah tenang, alasannya adalah bagaimana si kecil mendapatkan nutrisi dan tenaga untuk pertumbuhannya sedangkan makan pun mereka tak mau. Oleh karena itu bunda perlu tahu cagaimana cara mengatasi balita susah makan.

Cara mengatasi balita susah makan

Nah, berikut cara selengkapnya:

  1. Idealkan porsinya

Porsi anak balita tidak sebanyak porsi orang dewasa, porsi mereka lebih sedikit dan lebih cepat kenyang. Oleh sebab itu, bunda harus bisa mengakali dan memastikan dari makanan yang sedikit tersebut agar dapat memenuhi nutrisi dan kandungan zat lain yang diperlukan oleh tubuhnya sehingga dia bisa tumbuh dengan sehat.

  1. Biasakan makan teratur

Makan yang ideal adalah tiga kali sehari yaitu sarapan, makan siang dan makan malam. Biasakan anak mengetahui dan terbiasa dengan waktu makan tersebut. Jangan lupa untuk selalu memberikan susu dipagi hari ketika sarapan khususnya dan jam makan lainnya karena kebiasaan makan teratur dan minum susu merupakan cara mengatasi balita susah makan dan minum susu.

  1. Biasakan variasi makanan 4 sehat 5 sempurna

Ketika balita menginjak umur bulan, mulailah memberikan makanan hals dari bermacam variasi yang termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna yaitu nasi, sayur, lauk, buah dan susu. Hal ini penting agar anak memiliki kecenderungan menyukai makanan 4 sehat 5 semprna tersebut sebagai cara mengatasi balita susah makan nasi , sayur, lauk, buah dan susu.

  1. Berikan camilan sehat

Camilan sehat ini bisa seperti keju, agar-agar dan kue yang sehat. Tidak hanya itu, buah juga dapat dijadikan sebagai camilan karna kandungan vitamin dan nutrisinya yang banyak. Disamping itu, kebiasaan makan buah juga menjadi salah satu cara mengatasi balita susah makan buah sehingga kebiasaan yang baik ini perlu dipertahankan.

  1. Hiasi dan kreasikan makanannya

Menghiasi makanan dengan kreasi yang menarik akan mebantu menghindari sebuah kebosanan yang terjadi pada balita. Pemandangan dan citarasa baru akan menarik perhatian balita yang umumnya mudah tergiur dan tergoda dengan sesuatu yang baru. Oleh karena itu, langkah ini merupakan salah satu langkah tepat yang perlu diambil untuk mendapatkan perhatian balita sehingga nafsu makan mereka akan kembali muncul.

  1. Ciptakan suasana yang menyenangkan

Hal lain sebagai solusi dalam cara mengatasi balita yang susah makan adalah dengan menciptakan suasana yang menyenangkan. Suasana yang menyenangkan bisa diperoleh dari kehangatan keluarga saat berkumpul dan makan secara bersama-sama atau bisa pula dengan bermain-main dengan mainan yang menarik atau berjalan-jalan ditaman. Suasana hati si kecil sangat mempengaruhi nafsu makannya, oleh karena itu selalu berusahalah agar si kecil selalu riang dan gembira.

Beberapa cara diatas adalah cara yang bisa lakukan untuk mengatasi si kecil yang susah makan mulai dari susah makan nasi, susah makan buah hinga susah minum susu. Bunda harus selalu cepat tanggap ketika si buah hati tidak memiliki nafsu makan karena makanan yang masuk kedalam tubuh si kecil sangat menentukan kesehatan dan pertumbuhannya agar si kecil dapat tumbuh secara cerdas dengan asupan sumber tenaga yang cukup yaitu makanan yang bergizi. Jangan biarkan mereka lesu dan mudah terserang penyakit karena kekebalan tubuhnya yang lemah. So, bunda harus cerdas dalam mengambil langkah yang tepat agar si buah hati mendapatkan yang terbaik bagi tumbuh kembangnya.

Semoga Bermanfaat ya, Mohon di share 🙂